sel-darah-sehat

Rutin Bekam, Darah Sehat

Owner Rumah Sehat Herbaholistik Nagrak, Sukabumi, Nursiami Rahmat Prihantoro, M. Hajjam atau Rahmat Bekam mengatakan, teknik pengobatan hijamah adalah suatu proses membuang darah merah yang rusak oleh radikal bebas (toksid/racun) yang berbahaya dari dalam tubuh melalui bawah permukaan kulit. “Toksid/toksin adalah endapan racun/zat kimia yang tidak bisa diurai oleh tubuh,”paparnya. 

Darah kotor, imbuhnya, darah yang mengandung toksid/racun, atau darah statis yang menyumbat peredaran darah, sehingga sistem peredaran darah tidak dapat berjalan lancar. “Kondisi ini sedikit demi sedikit akan mengganggu kesehatan, baik fisik maupun mental,”terangnya. Akibatnya terasa lesu, murung, resah, linu, pusing, dan senantiasa merasa kurang sehat, cepat bosan, dan mudah niak pitam. Ditambah lagi, imbuh Rahmat Bekam dengan angin yang sulit dikeluarkan dari dalam tubuh, akibatnya tubuh akan mudah kena penyakit.”Mulai yang akut seperti influenza sampai degeneratif semacam stroke, darah tinggi, kanker, kencing manis, bahkan sampai dengan gangguan kejiwaan,”paparnya.

Rahmat Bekam menambahkan toksid dalam tubuh manusia dapat berasal dari: Pencemaran udara, makan siap saji (fast food) karena mengandung zat kimia yang tidak baik untuk tubuh seperti pengawet, pewarna, essense, penyedap rasa, dan hasil pertanian seperti pestisida (insektisida, fungisida, herbisida), kebiasaan buruk (bad habit) seperti merokok, makan tidak teratur/bersih, makan tidak seimbang, terlalu panas atau dingin, terlalu asam, obat-obatan kimia, karena mempunyai efek merusak organ atau mikroba yang normal dalam tubuh (Kathur S. dan Aminah Sy. 2006)

Rahmat Bekam memaparkan beberapa faktor yang menyebabkan darah rusak antara lain, pertama emosi yang tidak terkontrol. “Kemarahan, ketakutan, kesedihan dan kerisauan menyebabkan pengeluaran hormon adrenalin dan hormone cortisol berlebihan yang dapat membahayakan metabolisme tubuh,”katanya.

Kedua, imbuhnya, diet yang tidak seimbang, kegemukan, sering sembelit, dan pencemaran alam sekitar. “Dengan demikian darah yang rusak harus dikeluarkan. Salah satu caranya dengan berhijamah (berbekam),”sarannya. Menurut Rahmat Bekam hijamah/bekam merupakan metode paling unggul dan sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit. “Bekam juga merupakan preventive medicine (metode pencegahan) selain juga sangat efektif untuk curative medicine (metode penyembuhan),”tuturnya. Rahmat Bekam menambahkan hijamah bukanlah pengobatan alternatif. Namun merupakan pengobatan berdasarkan wahyu (sunnah Rasul), maka ia mempunyai satu hikmah yang luar biasa dari sisi khasiatnya, dan yang menyembuhkan tetaplah Allah SWT.

Ketiga, Penyakit sistemik. “Pada kondisi orang menderita penyakit yang berat atau penyakit kronis maka akan terjadi ketidakseimbangan antara perbaikan fungsi sel dengan kerusakan yang ditimbulkan secara menyeluruh,” katanya. Misal, imbuhnya pada pasien yang menderita TBC maka tubuhnya akan kurus dan tampak tidak sehat.

Keempat, terpapar polutan secara terus menerus. Orang yang menghisap asap rokok, baik aktif maupun pasif, maka akan terjadi kerusakan dinding sel darah merah yang selanjutnya memperpendek umur sel darah merah tersebut dan menurunkan kemampuannya mengantar oksigen di pembuluh darah kapiler.(oleh Owner Rumah Sehat Herbaholistik, Nagrak, Sukabumi, Nursiami Rahmat Prihantoro, M.Hajjam atau Rahmat Bekam/*)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *