Rahasia Alam

Tak Hanya Wangi, Inilah 4 Manfaat Bunga Sedap Malam untuk Kesehatan

Tidak hanya wangi, manfaat bunga sedap malam untuk kesehatan ternyata cukup melimpah. Bunga sedap malam dipercaya dapat menjaga tubuh dari paparan radikal bebas serta meredakan stres. Yuk, kenali lebih jauh beragam manfaat bunga sedap malam di sini!

Bunga sedap malam merupakan salah satu jenis tanaman yang tumbuh di beberapa negara, termasuk Indonesia. Bunga yang memiliki wangi khas ini dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari, seperti pewangi ruangan atau bahan masakan.

Tak hanya itu, bunga yang mudah didapatkan ini juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Tentunya ragam manfaat bunga sedap malam tersebut tersebut didapat dari berbagai kandungan yang ada di dalamnya.

Kandungan dan Manfaat Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam diketahui mengandung berbagai jenis antioksidan, seperti vitamin Cpolifenol, antosianin, karotenoid, dan flavonoid. Selain itu, bunga sedap malam juga mengandung sedikit gula.

Berkat kandungan antioksidan di dalamnya, berikut adalah ragam manfaat bunga sedap malam untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan:

1. Membantu berbagai fungsi jaringan tubuh

Salah satu manfaat bunga sedap malam untuk kesehatan adalah membantu tubuh dalam melakukan fungsinya dengan baik. Ini berkat kandungan vitamin C di dalam bunga berwarna putih tersebut.

Vitamin C diketahui dapat membantu tubuh menyerap zat besi, membentuk kolagen, dan mengoptimalkan sistem imun tubuh.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat bunga sedap malam lainnya adalah meningkatkan sirkulasi darah. Bunga sedap malam mengandung senyawa polifenol yang dikenal mampu menjaga tekanan darah tetap stabil, serta menjaga kesehatan pembuluh darah.

3. Memerangi radikal bebas dalam tubuh

Satu lagi manfaat bunga sedap malam yang bisa Anda nikmati, yakni membantu tubuh memerangi radikal bebas. Hal ini berkat kandungan antioksidan di dalam bunga sedap malam.

Tak hanya memerangi radikal bebas, kandungan antioksidan dalam bunga sedap malam juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Meredakan stres

Bunga sedap malam bisa disuling menjadi minyak esensial. Minyak esensial bunga sedap malam biasanya digunakan sebagai aromaterapi untuk tujuan relaksasi karena menimbulkan efek menenangkan dan menghangatkan.

Selain itu, minyak esensial bunga sedap malam juga bersifat aphrodisiac atau dapat meningkatkan gairah seksual. Namun, manfaat bunga sedap malam yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Di balik sejumlah manfaat yang ditawarkan, bunga sedap malam juga dapat menimbulkan reaksi alergi jika digunakan. Gejala yang muncul biasanya berupa rasa gatal, kemerahan, serta sensasi panas dan menyengat di kulit.

Jika Anda merasakan gejala alergi setelah menggunakan minyak esensial atau mengonsumsi bunga sedap malam, segera hentikan pemakaian. Bila gejala berlanjut, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Sumber : Alodokter.com

Dilihat : 76 kali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button